Thursday, May 30, 2013

Kenapa disebut "QUIZ HUNTER"?

Itulah pertanyaan yang sering ditanyain sama temen-temen gw yang enggak begitu familiar sama yang namanya dunia perkuisan. Seperti kita tau, kalau di-bahasa Indonesia-in Quiz Hunter itu artinya "Pemburu Kuis". Gw sendiri pun yang sudah lama berkecimpung (halah, bahasanya.. :p) di dunia kuis-kuisan masih heran kenapa istilah ini menjadi begitu melekat sama mereka yang suka ikut kuis dan yang pastinya suka gratisan! hehe. Ternyata istilah Quiz Hunter itu enggak baru-baru ini aja happening-nya lho!. Dulu waktu SMP, sekitar tahun 2005 atau 2006-an, gw pernah baca novel tentang cewek yang suka ikutan kuis gitu dan dia disebut seorang Quiz Hunter sejati karena sering banget menangin berbagai macam kuis dan berbagai macam hadiah yang bikin ngiri. Mulai dari hadiah payung sampe jalan-jalan keluar negeri GRATIS cuma karena ikutan kuis. Gw yang dulu pas pertama kali baca novel itu biasa-biasa aja tapi terkesan banget sama tokoh utama di novel tersebut enggak nyangka kalau novel itu bisa sangat berharga buat gw dikemudian hari. Kata-kata yang bisa terlontar adalah, "GILAK! Hoki banget tuh orang! Kayaknya mustahil banget ada orang seberuntung itu. Masa iya bisa menang terus kalau ikutan kuis! Ckckck.." Yaa, begitulah kira-kira pendapat sebagian besar orang setelah membaca novel ini.

Sampai suatu saat, bertahun-tahun setelahnya, tanpa sadar gw mulai sering ikutan kuis dan dari situ gw merasa kok nasib gw jadi mirip kayak si tokoh utama di novel itu. Akhirnya gw penasaran sama novel itu dan pengen baca ulang lagi tuh novel. Karena dulu seinget gw, tuh novel gw baca pas lagi main di rumah temen gw pas SMP. Saking penasarannya, gw nanya langsung ke temen gw itu dan dia bilang enggak tau itu novelnya udah kemana. Dan ternyata itu novel juga bukan punya dia, alias dia juga minjem dari temennya. Agak sedih sih, tapi karena gw tetep penasaran gw searching di internet tentang novel itu, dan taraaa! Gw nemu review tentang novel itu plus nama pengarangnya. Gilak! Gw berasa kayak nemu harta karun yang sudah lama hilang!!!! Huehehe agak lebay sih ya :p Tapi pas gw cari stoknya di penerbit bukunya, ternyata buku itu udah enggak dicetak lagi dan menjadi buku langka!!!! What? Sampai gw ngecek ke Gramedia pun juga udah enggak ada. Hiks.. :'( 

Enggak tau kenapa disitu gw ngerasa gw harus banget memiliki buku itu lagi. Istilahnya tuh kayak sunggokong yang harus menemukan kembali kitab sucinya yang hilang (halah! :p) Entah karena emang udah "jodoh"-nya buat baca novel itu lagi, akhirnya ada tetangga gw yang doyan baca novel dan kebetulan dia emang lagi pengen baca novel lama. PAS BANGET! Gw ceritain deh ke dia kalau gw lagi nyari novel lama tentang Quiz Hunter gitu. Dengan baik hatinya dia ngebantu nyariin tuh novel dari yang namanya nyari di pasar senen sampai  pada akhirnyaaaaa... dia nemu tuh novel di sebuah akun facebook yang khusus ngejual buku bekas!!!! Aaaakkkh, gw seneng banget pas ngedengernya! Gw pun langsung dengan semangat 45 memesan novel bekas itu yang dibandrol seharga 20 ribu rupiah oleh si empunya. Dengan kondisi buku yang masih mulus banget, gw kira harganya bakal mahal banget. Seinget gw tuh harga novel waktu pas pertama kali gw baca harganya sekitar 38ribuan. Gw pikir karena udah lumayan lama, tuh harganya bakal naik banget. Ternyata enggak, hehe. Yaiyalah orang udah enggak dicetak lagi. God has a plan! Itu pikir gw. Pelajaran yang bisa gw petik dari pengalaman gw "mencari kembali novel yang hilang" ini, membuat gw menyadari kalau enggak ada yang mustahil di dunia ini. Karena awalnya gw pikir tuh buku emang udah langka banget dan jarang ada yang punya. Jangan pernah menyerah dan putus asa sih intinya. Semua pasti akan indah pada waktunya kok. Ketika kita punya keinginan yang keras akan suatu hal, Tuhan pasti bakal ngasih jalan kok. Sehingga kita bisa nikmatin prosesnya, kesabaran lah yang terpenting. Hasil itu hanyalah bonus.

Okay, kayaknya udah mulai ngaco nih, haha. Back again to Quiz Hunter. Pro kontra penyebutan untuk orang yang seneng gratisan ini pun mulai bermunculan. Banyak yang mengaku mereka enggak suka dibilang Quiz Hunter karena mereka pikir kalau kuter (istilah yang lagi beken sekarang, singkatan dari Quiz Hunter) itu tipe yang freak dan kurang kerjaan karena hampir semua kuis diikutin, sampe kuis yang hadiahnya pulsa 5 ribu perak pun diikutin! hahaha. Ada juga yang enggak suka dibilang kuter karena mereka enggak melulu ngikutin kuis untuk dapetin gratisan, selain kuis kan ada kompetisi lain yang bisa dibilang bukan kuis jadi kurang tepat kalau dibilang Quiz Hunter, gitu katanya sih. Ada juga nih, yang malah lebih seneng disebut "Gift Hunter" karena ya jelas mereka itu memburu hadiahnya, bukan sekedar ikut-ikutan kuis enggak jelas. 

Nah, jadi yang bener dan enak itu yang gimana ya? Hmmm, well, gw pribadi sih jujur, awalnya merasa seneng-seneng aja, karena kayaknya istilah Quiz Hunter kedengerannya keren banget. Itu udah kayak identitas profesi lo deh. hahaha. Gw sih bebas ya mau dibilang Quiz Hunter atau bukan, atau apalah itu nickname yang dikasih. As long as istilah yang dipakai itu positif dan gw masih bisa hepi-hepi buat dapetin yang namanya hadiah gratisan dan halal, gw terima-terima aja tuh. Toh yang terpenting bukan istilah, tapi karakter pribadi masing-masing orangnya sih yang lebih diutamain. 

Sekarang istilah Quiz Hunter emang lagi merebak banget! Apalagi sejak banyaknya brand yang mulai "melek" dengan kehadiran social media. Mereka pun jadi rajin bikin kuis-kuis di berbagai macam akun social media buat menjaring minat calon konsumen Indonesia yang emang doyan gratisan dan sekarang cenderung lebih banyak menghabiskan waktu mereka di social media. Jadilah, banyak user di internet yang iseng-iseng mencoba peruntungan mereka dan dengan bangga menyebut diri mereka sebagai Quiz Hunter karena sering berhasil memenangkan berbagai macam kuis. Gw juga sempet sih ngalamin perdebatan yang yaah lumayan panjang sama salah satu temen gw yang juga suka doyan ikutan kuis gitu. Kalau menurut dia, istilah Quiz Hunter itu kurang tepat karena kesannya terlalu ambisius dan remeh-temeh. Karena dia tipe orang yang ikutan kuis karena emang dia ngerasa suka sama kuisnya, hadiahnya, dan dia ngerasa dia mampu dan yakin pasti menang di kuis itu. Intinya dia bukan yang setiap hari mantengin internet buat nyari kuis dan ngejadwalin tiap hari harus ada kuis yang dia ikutin. "Hellooooow? Masih banyak kale kerjaan lain yang bisa dikerjain selain ikutan kuis. Jadi, gw enggak mau disebut Quiz Hunter ya, titik!" Temen gw ini ada benernya juga sih. Gw sih setuju dengan pendapat dia. Tapi kalau mau dibuat spesifik pun istilah yang dipakai, tetep aja kan ujung-ujungnya kita emang nyari kuis buat dapetin hadiah, entah itu yang emang kita pengenin banget atau cuma sekedar iseng-iseng aja. Jadi, balik lagi sama persepsi masing-masing orang. Jangan sampe deh cuma gara-gara istilah doang dunia perkuisan jadi enggak asik lagi, hehe. PEACE! :)


*Buat yang penasaran novel apa sih yang gw maksud, silakan coba cari sendiri yaaaa!!! Biar kalian ngerasain apa yang namanya penasaran kayak yang gw alami waktu itu. Hehehehe :p Happy searching!


No comments:

Post a Comment